Senin, 21 Desember 2009

MARI MEWUJUDKAN PEMIRA 2009 YANG LIBERTI

Liberti merupakan jargon untuk Pemira tahun 2009 ini. Jangan bayangkan liberti ini sebagai nama sebuah patung. Tapi, liberti sebenarnya merupakan kependekan dari 5 kata yang semoga saja mencerminkan proses Pemira 2009 ini. Apaan sih?? Mau tau??

Legitimate: yakni sah secara hukum. Jadi, baik Presiden EM ataupun Anggota DPM yang akan terpilih pada ajang Pemira ini, nantinya akan sah menurut hukum atau undang-undang yang udah dibuat oleh DPM. Dengan kata lain, hasil dari Pemira ini sudah nggak bisa diprotes atau diganggu gugat kalo nggak ada bukti pelanggaran yang kuat.

Independen: seluruh komponen penyelenggara Pemilihan Mahasiswa Raya yang terdiri dari panitia dan panitia pengawas atau Panwas adalah individu-individu yang independen atau nggak berpihak kepada siapapun. Jadi, haram hukumnya bagi panitia penyelenggara maupun panitia pengawas Pemira untuk menjadi tim sukses salah satu calon ataupun hanya sekedar mendukung salah satu calon. Jadi bener-bener netral atau independen gitu.

BERsih: Jargon adalah doa. Maka kita semua berharap pemira 2009 ini bersih, dalam arti nggak ada kecurangan di dalamnya. Semua komponen baik panitia penyelenggara, panitia pengawas, pemilih, maupun calon yang dipilih harapannya berbuat sesuai aturan main yang ada alias nggak ada yang berbuat curang.

Tertib: Penyelenggaraan Pemira 2009 ini juga diharapkan tertib. Semua berjalan sesuai fungsi dan tugasnya. Nggak ada yang menyimpang atau kita menyalahi aturan yang berlaku. Karena tentu aja pengawasan dari panitia pengawas juga akan sangat ketat.

Profeional: lagi-lagi, semua unsur yang nantinya akan terlibat baiik secara langsung maupun nggak langsung di ajang Pemira ini sangat diharapkan profesionalitasnya. Mulai dari panitia, pengawas, para calon, dan pemilih diharapkan bersikap sesuai dengan aturan main yang ada dan berusaha menjaga dan menyukseskan Pemira 2009 ini.

Tidak ada komentar: